Ketahui 5 Kelebihan Bahan Polyester Untuk Bikin Baju Kaos

bikin-baju-kaos

Kaos merupakan salah satu jenis baju yang sangat nyaman digunakan sehari-hari. Ini adalah jenis baju yang dapat digunakan oleh siapa saja, mulai dari laki-laki dan perempuan baik dari anak-anak hingga dewasa. Yang membedakan mungkin hanya ukuran dan desainnya saja. Saat ini kamu bisa bikin baju kaos dengan desain yang dibuat sendiri. Adanya aplikasi yang dapat diinstal pada ponsel akan membantu kamu membuat desain yang menarik.

Ketika memutuskan untuk membuat baju kaos sendiri, bukan hanya desain saja yang perlu kamu persiapkan. Tetapi juga pemilihan bahan dan sablon harus kamu lakukan sendiri, supaya hasilnya sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Sehingga kamu harus mengetahui rekomendasi bahan maupun sablon yang berkualitas.

Salah satu rekomendasi bahan yang sering digunakan sebagai bahan kaos adalah polyester. Bahan ini cukup populer digunakan sebagai bahan baku pembuatan kaos. Seratnya terbuat dari bahan sintesis buatan manusia yaitu terbentuk dari kepolimeran senyawa kimia yang sederhana. Dimana nantinya akan menghasilkan polyester dalam ukuran chips dan akan dipintal menjadi benang filamen.

5 Kelebihan Bahan Polyester Untuk Bikin Baju Kaos

Ketika membuat kaos desain sendiri tentu ingin mendapatkan hasil yang terbaik mungkin. Menggunakan bahan polyester adalah pilihan yang tepat. Berikut ini 5 kelebihan dari bahan tersebut, yaitu:

1. Permukaan bahan yang halus

Salah satu faktor yang membuat kaos nyaman digunakan adalah permukaannya yang halus. Sehingga tidak akan melukai kulit atau membuat iritasi. Bahan polyester memiliki permukaan yang halus seperti kain sutra. Kemudian tidak mudah menarik kotoran dan tidak mudah jamuran, sehingga pemeliharaannya lebih mudah dilakukan.

2. Bahan yang hidrofobik atau mudah kering

kelebihan kedua dari bahan polyester adalah sifatnya yang hidrofobik atau mudah kering ketika terkena air. Sehingga akan lebih cepat kering ketika dicuci lalu dijemur. Bahkan tidak perlu menggunakan sinar matahari langsung, karena bahan ini dapat kering hanya dengan angin. Dengan alasan tersebut membuat kaos bahan polyester sangat cocok digunakan di luar ruangan.

3. Harga yang terjangkau

Bahan polyester memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dari jenis bahan kain yang lainnya. Sehingga dapat menghemat budget bikin baju kaos yang kamu miliki. Hal ini pula yang membuatnya menjadi bahan yang banyak digemari.

4. Bahan tidak mudah kusut

Ketika ingin ketika ingin bikin baju kaos yang tidak mudah kusut dan mengkilap, maka bahan polyester adalah jawaban yang tepat. Sehingga proses setrika menjadi lebih mudah dilakukan. Atau bahkan kamu tidak perlu melakukan hal tersebut, karena tampilannya akan tetap rapi sepanjang hari.

5. Kotoran mudah dibersihkan

Bahan polyester adalah bahan mudah untuk diwarnai, namun juga mudah untuk dibersihkan. Karena bahan ini memang memiliki sifat yang tidak mudah menarik kotoran. Kemudian dia juga dapat mempertahankan bentuk dan ukurannya meskipun telah dicuci berulang kali.

Itulah 5 kelebihan bahan polyester yang wajib kamu ketahui ketika memilihnya sebagai bahan kaos. Jangan khawatir meskipun seratnya buatan manusia tetapi bahan kaos ini tetap awet dan tahan lama.

Biasanya untuk meningkatkan karakteristiknya bahan ini akan dicampur dengan bahan lain seperti katun. Hal ini sering kita temui ketika membeli kaos dan melihat tagnya, biasanya akan tertulis kandungan polyester berapa persen dan katun berapa persen.

Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing begitu juga dengan polyester. Salah satunya bahan ini tidak mudah menyerap air, sehingga akan terasa tidak nyaman ketika berkeringat. Namun itu bukan masalah yang besar ketika menggunakannya untuk bikin baju kaos. Karena dapat tangani dengan mencampurnya dengan jenis bahan lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *